Menu

Minggu, 23 September 2018

Pendidikan islami - Ayo hadir dan siarkan pesantren!

Pesantren adalah pendidikan islami, baik modern pun tradisional atau salafi, kira-kira apa itu pengertian pondok pesantren? apa tujuan sebenarnya pesantren? sejarahnya bagaimana?

Selengkapnya bisa anda kenali dari situs online streaming Radio-QU Pontianak . Namun, kita bahas juga disini, dari mulai sejarah ponpes.

SEJARAH PONDOK PESANTREN

Sejarah pesantren ada yang berpendapat yakni berawal dari zaman Rasulullah yang santri-santrinya adalah para ashabu shufa yang tinggal di emperan masjid.  Ada juga yang mengatakan sejarah pondok pesantren berawal dari kerajaan hindu budha yang lalu mendapat dakwah islam wali songo di Indonesia, khususnya di pulau jawa. Ada juga pesantren kalimantan, sulawesi dan Aceh.

Yang intinya adalah, pondok pesantren merupakan suatu tempat santri belajar yang di asuh oleh kiai, buya, sebagai guru dan pengasuh. Pondok pesantren modern memiliki keunggulan di praktek seperti bahasa arab & bahasa inggris, juga berdaya IT dalam keumumannya. Sedangkan pondok pesantren salafi bergaya tradisional yang menganut para ulama terdahulu yang biasanya memprioritaskan ilmu alat; nahwu shorof dan fiqih untuk memperdalam agama.

santri pesantren indonesia
- Hari Santri Indonesia
Ada juga pondok pesantren lengkap dengan paduan modern-salafi seperti LPD Al-bahjah Buya Yahya yang memiliki banyak cabang berupa pondok pesantren (pendidikan), albahjah tv, radioQu Network dan multimedia lainnya (media dakwah), karena memang targetnya adalah dakwah di zaman modern ini, namun juga menjaga kemurnian ajaran islam para ulama terdahulu.

TUJUAN PESANTREN

Pesantren dimaksudkan untuk mendidik para siswa/siswi dengan pendidikan islami sebagai tujuan pesantren itu sendiri. Maka di bangunlah pondok sebagai tempat khusus memperdalam agama bagi para peserta didik itu, maka siswa/i yang bermukim atau tinggal beberapa waktu lamanya di sebuah tempat berarti dia disebut santri pondok pesantren.

Tentu tujuan pondok pesantren adalah untuk mencetak ulama yang menjadi juru selamat bagi dirinya sendiri, keluarga hingga masyarakat seluruhnya, sebagai maksud utama pesantren. Maka pesantren ini tentu sangat di perlukan, khususnya pondok pesantren yang bagus dan murah agar mudah di jangkau namun berkualitas pendidikannya bagus.

PENGERTIAN PESANTREN

Apa itu pesantren? Pesantren adalah seperti yang bisa kita simpulkan dari pembahasanya sebelumnya tentang sejarah dan tujuan pondok pesantren. Hanya saja pesantren ini karena merupakan jenis pendidikan non-formal, jadi kurang mendapat pengertian dari pemerintah. Maka sangat beruntunglah para pejabat yang memperhatikan tempat pusat kebaikan dan kemuliaan ini.
Mereka para santri mepersiapkan dirinya dengan barter waktu dimasa mudanya untuk masa depannya, untuk kebangkitan islam, dan untuk negara yang lebih baik bermoral.

JENIS-JENIS PESANTREN

Selain banyak pesantren yang bagus dan murah, Pesantren juga memiliki berbagai jenis-macamnya:

Pesantren kilat.

Pesantren ramadhan.

Pesantren tahfidz Al-Qur'an, putri / putra,

Pesantren habib dan ustadz sebagai pengasuhnya.

Itulah pesantren populer di tahun 2018-2019 ini. Baru-baru ini semakin banyak yang sadar akan pentinganya pondok pesantren sebagai pendidikan disamping pendidikan formal sekolah, bahkan ada yang meninggalkan sekolah formalnya hanya untuk fokus di pondok pesantren, baik itu menuntut ilmu ataupun khidmah (bantu-bantu, berjuang), baik pemuda pun para sesepuh tua.
Mau punya pacar anak kyai? gampang kok, tinggal bilang aja ke beliau, biasanya cuma di tantang hafal 30 juz Al-Qur'an atau hafal nadzom alfiyah untuk modal baca kitab, cuma itu maharnya, modal macarin anak kyai yang halal dan berkah!
Jenis-jenis pesantren terbaru pun semakin bermunculan, maka disini perlu adanya filter dan pengetahuan tentang mana pesantren yang baik dan bagus, mana pesantren yang harus di waspadai, umumnya, pesantren atau majelis terbaik di Indonesia sudah di resmikan oleh MUI. Umumnya pesantren yang bagus dan baik adalah yang beraliran ahlusunnah wal jama'ah-asy'ariyah/maturidiyah dan bermadzhab (madzhab syafi'i mayoritas di Indonesia).

Maka di zaman globalisasi yang apa saja bisa merusak kemurnian agama islam, kita perlu pandai pilah-pilih jangan hanya memandang kebaikan dan kemuliaan yang terkemas, namun perlu guru yang bersanad,  yakni mereka yang gurunya sambung hingga Rasulullah Muhammad SAW. dan mencintai keluarga serta sahabat Nabi tentunya. Jika sudah yakin, maka pilihlah pesantren bagus itu.

Tips, Nasihat ulama Indonesia untuk Ustadz, santri dan orang tua santri

Ini adalah nasihat ulama Indonesia untuk para ustadz, santri dan orang tua, silahkan disimak


Jangan terlewatkan juga
Pesantren Bagus Gratis Terbaru hadir di Kalimantan Barat
Berbagi Kebaikan

Post sebelumnya
Post selanjutnya
Muh Zadit (Penmind)

Penulis : Muh Zadit (Penmind)
[ Tim dakwah Al bahjah - Ghost Writer - SEO Blogger ]
"INFJ PERSONALITY, who longs for philanthropic desires from maestro rahmat al alamin Rasulullah Muhammad SAW."

Hai. Saya Zadit, senang bertemu dan bekerjasama dengan Anda. Terimakasih atas kunjungannya.

Post Terkait

2 komentar:

  1. Jangan sampai ketinggalan program kebaikan dan kemuliaan seperti pondok pesantren ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, kita memang perlu tahu betapa pentingnya para habib, ulama dan ustadz dengan pondok pesantren

      Hapus