Menu

Sabtu, 17 November 2018

Da'wah Buya Yahya dengan Pesantren dan Penyiaran Radio

Buya Yahya Berdakwah untuk masyarakat umum dengan program da'wah Al bahjah yang menyeluruh di berbagai lini kehidupan. Sekolah asrama (pesantren), Penyiaran Radio Al bahjah (broadcasting) dan Albahjah TV, sampai dengan bidang ekonomi.

Bukan hanya membentuk dan mengembangkan majelis Al Bahjah, namun juga memaksimalkan potensi era milenial dengan menggunakan media massa Al bahjah; baik media cetak pun media elektronik sebagai sarana da'wah.

gambar ilustrasi kader da'wah buya yahya

Diantara media cetak Al bahjah adalah majalah Al bahjah dll. Adapun media elektronik Al bahjah seperti online streaming radio melalui internet; ada Albahjah TV untuk nonton video online, juga RadioQU Radio Al bahjah yang beralamat diberbagai tempat daerah.

Media da'wah Buya Yahya



Diantara banyak media da'wah Al bahjah, Buya Yahya bersama para sesepuh serta tim dakwah, dari relawan dan dermawan, mengutamakan 2 lini da'wah, yakni Pondok pesantren Albahjah dan RadioQU-Radio Al bahjah.

Pondok pesantren Al bahjah sifatnya bisa di bilang statis, sedangkan RadioQU Network sifatnya dinamis. RadioQU disiarkan sebagai jembatan dari kehidupan non-islami pada kehidupan islami, yang bisa bermuara ke pesantren sebagai pencetak kader ulama.

Santri Al bahjah ada yang mukim yakni bertempat tetap di kamar atau ruangan yang disebut asrama. Ada juga siswa/siswi atau pekerja setempat yang ikut mengaji sehingga disebut santri khoriji Al bahjah atau santri luar, dan tim dakwah.

Bagi yang sekolah di luar dari seusia kelas SD sampai SMA hingga Universitas/kuliah yang ingin mengaji namun tidak punya banyak waktu, bisa mendaftar menjadi santri Khoriji Al bahjah dengan kitab-kitab pelajaran praktis untuk ibadah sehari-hari.

Atau santri khoriji yang punya waktu lebih banyak, bisa meraup pahala untuk bergabung/daftar menjadi tim dakwah Al bahjah, khususnya menjadi tim multimedia Al bahjah yang menyiarkan da'wah da'wah ustadz/ulama Al bahjah, atau jurnalistik Al bahjah.

Buya Yahya berda'wah bersama santri dan penyiar radio


Pondok Pesantren Al Bahjah

Pondok pesantren Al bahjah adalah tempat santri belajar mengaji kitab dan ilmu pengetahuan lainnya beserta praktek sehari-hari sebagai tradisi, bertempat di satu lingkungan yang disebut pondok pesantren, tinggal di kamar asrama.

Ada beberapa cabang pesantren Al bahjah, bertempat diberbagai alamat di Indonesia.
Berikut adalah daftar pesantren Al bahjah cabang:
  1. Al bahjah Buyut; gunung jati-Cirebon,
  2. Cabang Al bahjah putri di Wanasaba-Cirebon,
  3. Cabang Al bahjah Kubu Raya; Pontianak-Kalimantan Barat,
  4. Cabang Al bahjah lainnya yang sama-sama dalam perkembangan, silahkan sebutkan dibawah!.

Dengan daftar jenis pesantren bermacam-macam, diantaranya:
  • Pesantren reguler/tafaqquh Albahjah
  • Pesantren tafaqquh Albahjah melahirkan santri dewasa yang matang ilmu dan amalnya dari generasi dai berdasarkan pendidikan salafi / non-formal.
  • Pesantren tahfidz Albahjah
  • Pesantren tahfidz Albahjah memunculkan santri tahfidz penghafal Al-Qur'an yang mengamalkan ilmunya, ada yang formal juga non-formal.
  • Pesantren khoriji, TPQ, DTA Albahjah
  • Pesantren khoriji Albahjah adalah wadah siswa/siswi, mahasiswa/mahasiswi atau pekerja yang ingin mengenal ilmu agama hingga memperdalam beserta pengamalannya.
  • Pesantren kilat ramadan
  • Pesantren kilat ramadan diselenggarakan Albahjah untuk masyarakat, pelajar SD, SMP, SMA / sederajat, untuk tempat liburan yang lebih bermanfaat.
  • Pesantren multimedia Albahjah
  • Pesantren multimedia Albahjah merangkul pelajar sekolah formal yang ingin mengembangkan bakatnya di dunia dakwah sekaligus berjuang untuk umat.

RadioQU/Penyiaran Radio

RadioQU Network "Inspirasi Spirit Hati" dibawah naungan Buya Yahya. Siapapun, dimanapun, bagaimanapun, selagi mengaku umat Rasulullah SAW ia harus berpartisipasi dalam kebaikan serta menjauhi kemungkaran.

Berangkat dari spirit diatas goal setting dari hadirnya RADIO-QU AM dan RadioQU FM Network, terciptanya komunitas pendengar loyal, produktif dan penuh ukhuwah bersemangat untuk terus memperbaiki diri menjadi Umat Terbaik yang dicintai Allah SWT.

Puji syukur Alhamdulillah, RadioQU menjadi sumber hiburan islami yang informatif, komunikatif, sarana bisnis, dakwah kreatif dan inspirasi berhikmah lainnya. Anda bisa gabung setiap hari, ataupun ikut berjuang mengembangkan RadioQU di tempat anda.

Berikut adalah daftar RadioQU yang bertempat diberbagai daerah:

RadioQU AM 1089 Bogor.
Bisa juga Live Streaming Online di Internet atau aplikasi android.
RadioQU 92,9 FM Cirebon.
Download aplikasi RadioQU Network atau live streaming di Internet.
RadioQU 104.8 FM Kuningan.
Streaming online RadioQU Network kalau ngga ada kuota download apk.
RadioQU 92,4 FM Majalengka.
Ada kuota? Aplikasi RadioQU Network bisa di download juga streaming.
RadioQU 88,0 FM Pontianak.
Ngga ada salahnya kalau googling buat streaming atau download apk.
RadioQU 89,6 FM Purbalingga.
Aplikasi format Apk bisa di unduh di play store android, bisa streaming.
RadioQU 104,7 FM Batam.
Unduh aplikasi android aja dulu, baru online streaming di internet.
RadioQU 107,9 FM Tangerang.
Orang sana ngga ada habisnya kuota internet buat download atau live stream.
RadioQU 93,6 FM Aceh.
Apalagi penduduk mayoritas muslim, harus istiqomah jadi pendengar RadioQU.
RadioQU Bekasi.
Masa mau kalah ngga punya aplikasi, ngga live stream pula di internet.

Artikel berjudul Buya Yahya berda'wah bersama santri dan penyiar radio ini masih dan akan terus berkembang seiring perkembangan Yayasan Lembaga Pengembangan Dakwah Al Bahjah beserta pesantren dan radio Al bahjah.

Silahkan beri masukan konstruktif untuk bersama mengembangkan ladang da'wah di Al bahjah ini bersama Muh Zadit sebagai penulis di bawah naungan Buya Yahya dan Ustadz Sayf Abu Hanifah sebagai Ketua Umum Yayasan LPDA.
Berbagi Kebaikan

Post sebelumnya
Post selanjutnya
Unknown

Penulis : Unknown
[ Tim dakwah Al bahjah - Ghost Writer - SEO Blogger ]
"INFJ PERSONALITY, who longs for philanthropic desires from maestro rahmat al alamin Rasulullah Muhammad SAW."

Post Terkait

0 komentar: