Menu

Jumat, 23 November 2018

Gabung dan Syiarkan Radio Dakwah Sunnah Albahjah

Sambut dakwah islamiyah dari RadioQU FM. radio ahlussunnah wal jama’ah. Buya Yahya dengan Al-Bahjah bersama umat muslim sunni membangun media audio untuk berdakwah.

Radio Dakwah Sunnah Albahjah

gambar program radioqu al bahjah
gambar anggaran dana radioqu al bahjah

Ada beberapa materi dalam topik ini, diantaranya:
      Banyak sekali dampak dari globalisasi agamis saat ini, berkecamuk dalam media online dan offline, bagaimana sebaiknya sikap kita?
      Bersikap sebagai masyarakat umum .../
      Bertindak selaku tokoh masyarakat .../
      Berdakwah selayaknya ulama .
      Pendapat apa dan siapa yang perlu di sampaikan mengenai ini ...

      Antara Dakwah Salafi, Aswaja/Sunni dan Wahabi

      Ahlussunnah wal jama’ah Adalah kelompok muslim terbesar penganut sunnah Rasul yang menekankan teladan daripada perikehidupan Nabi Muhammad SAW. yakni disebut juga dengan sunni atau aswaja. Atau dalam bahasa Arab أهل السنة والجماعة

      Ahlul sunnah juga berdiri diatas manhaj salafi atau metode salafus shalih yakni pemegang ajaran syariat islam secara murni yang tak di tambah atau di kurangi, dari generasi Nabi Muhammad dengan para sahabat hingga tabi’in - tabi’it tabi’in dan seterusnya.

      Hanya saja semakin banyak kaum kafir bahkan dari muslim sendiri yang resah lantaran dakwah ini yang semakin berkembang, sehingga dibuatlah kelompok dibalik istilah wahabi. Sebutan wahabi adalah alat pengiring opini negatif bahkan dengan sejarah palsu.
      Wallahu A'lam. isu-isu antara beragam istilah agama terus berjalan meskipun monoton, tapi nampak seakan tak pernah mengalami titik jenuh.
      Berikut adalah video kajian tentang apa itu aqidah ahlus sunnah wal jama'ah, agar tidak salah paham sebaiknya simak hingga tuntas


      Dakwah Dan Penyampaiannya 

      Dalam fiqh el-da’wah terdapat ilmu/paham mengenai hukum dan tata cara penyampaian dakwah. Dakwah terbagi beberapa bagian:
      1. Dakwah fardiyah 
      2. Dakwah ammah 
      3. Dakwah bil lisan 
      4. Dakwah bil haal 
      5. Dakwah bil tadwin 
      6. Dakwah bil hikmah 

      Pengertian Dakwah Beserta Tujuannya

      Arti kata dakwah berasal dari bahasa Arab yang berarti propaganda, seruan, penyiaran, atau ajakan. Dakwah bertujuan sebagai metode pengembangan islam di kalangan masyarakat agar memeluk, mempelajari, dan mengamalkan ajaran islam.

      Bermacam-Macam Jenis Dakwah

      Adalah dakwah fardiyah yang ditunjukan kepada seseorang atau sekelompok khalayak dalam ruang lingkup yang kecil dan terbatas. Jenis dakwah fardiyah ini disampaikan tanpa persiapan matang yang tersusun secara muluk-muluk. 

      Contoh dakwah fardiyah ini misalnya menegur kawan, ucapan selamat, menjenguk teman yang sakit, apa lagi?

      Adapun dakwah ammah adalah metode lisan dalam dakwah kepada khalayak ramai. Contoh dakwah ammah misalnya seperti khutbah, pidato, atau muhadlarah oleh perorangan atau organisasi dakwah tertentu yang berjuang untuk masyarakat luas.
      Secara bahasa, ammah berarti umum, dakwah ammah artinya ajakan umum.

      Sedangkan dakwah bil lisan dan dakwah bil hal biasanya menyertai kedua dakwah tersebut. Dakwah bil lisan secara bahasa artinya menyeru dengan ucapan atau perkataan. Adapun dakwah bil hal maksudnya adalah menyiarkan atau menyeru dengan perbuatan.

      Dakwah bil tadwin, apa artinya? Secara bahasa berarti dakwah melalui tulisan sebagai medianya, yang sekarang semakin ramai di zaman global seperti ini.

      Pola dakwah bil tadwin bermacam jenisnya, baik dari media cetak / offline berupa koran, majalah, hingga media elektronik/internet semisal blog dan pola dakwah literal lainnya.

      Dakwah melalui tulisan ini berdampak abadi bahkan hingga penulisnya sudah wafat, menyinggung dakwah bit-Tadwin ini rasulullah S.A.W bersabda, "Sesungguhnya tinta para ulama adalah lebih baik dari darahnya para syuhada". karena memang efeknya meluas.

      Jenis dakwah terakhir adalah dakwah bil hikmah, ini adalah inti dakwah seluruhnya. Yakni menyampaikan dakwah dengan cara arif bijaksana, dakwah tanpa paksaan melainkan dakwah bermetode pendekatan komunikasi yang baik berdasarkan persuasif.

      Sehingga tercapainya tujuan dakwah adalah tanpa paksaan alias sukarela dengan sadar dan insyaf. Membimbing umat dengan dakwah bil hikmah memang perlu pembimbing juga sebelumnya.
      Lalu bagaimana para muballig yang diantaranya saling serang-sindir dengan justifikasi sepihak meski dengan yang seagama islam, seumat Nabi Muhammad, bahkan setanah air, membuat gaduh. Atau mungkin tenang di atas, hanya saja bawah yang gaduh karena tak mengerti situasi kondisi yang sebenarnya...
      Berikut adalah tausiyah seputar dakwah, untuk siapa dan oleh siapa dakwah itu disampaikan


      Mengenal Penyiaran Radio

      Bersiaran berarti meyampaikan pesan kepada khalayak umum sehingga merata. Adalah penyiaran radio menyebar-luaskan kiriman/propaganda melalui pemancar dan perangkat radio lainnya.

      Sejarah Pembentukan Siaran Radio

      Radio dari awal dibuat hingga sampai ke zaman modern saat ini telah mengalami banyak perubahan, baik penurunan maupun perkembangan. Radio menggunakan frekuensi gelombang elektromagnetik sebagai alat komunikasi jarak jauh yang fleksibel. 

      Sejarah radio di Indonesia bermula dari masa awal kemerdekaan RI yang digunakan oleh Bung Karno dan Bung Hatta untuk memberitakan proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui radio station call "Radio Indonesia Merdeka". 

      Abdurrahman Saleh sebagai tokoh pendiri Radio Republik Indonesia yang kita kenal dengan sebutan RRI sekaligus pemimpin umum RRI yang pertama kali, dari pemerintah untuk masyarakat.

      Berbagai Jenis Radio Macamnya

      UU No. 32/2002 menyebutkan tentang penyiaran, ada tiga macam radio yang boleh beroperasi di Negara Republik Indonesia:
      1. Radio siaran publik
      2. Radio siaran komersial
      3. Radio siaran komunitas
      Radio publik mendapat dukungan formal dari pemerintah untuk beroperasi sebagai radio nasional dengan dana dan anggaran rutin. Berbeda dengan radio siaran komersial dan radio komunitas.

      Radio komunitas dengan radio komersial bedanya pada ketiadaan tujuan pada keuntungan komersial. Adalah Radio komunitas hadir bisa karena sebab di butuhkan masyarakat setempat, dibangun dan didirikan oleh kelompok atau indivudial yang mampu secara finansial sebagai bentuk usaha yang sah.

      Konsep radio public baru ada di UU No. 32/2002. Sebelumnya radio public dikenal dengan konsep radio pemerintah RRI merupakan radio public tertua di Indonesia. Radio komersial mengawali kehadirannya di Indonesia lebih dulu dari radio komunitas.
      Radio memiliki peran besar dalam kemerdekaan Indonesia, bagaimana mungkin masyarakat merdeka Indonesia meninggalkan radio hanya untuk beralih pada keasyikan warna-warni fatamorgana. Yang bahkan dengannya mereka bagai besi berkarat, memang ikut berwarna-warni jadinya, abstrak tak beridentitas.
      Semoga video ini bisa menjadi solusi dakwah di era modern ini

      Lembaga Pengembangan Dakwah AL-BAHJAH Buya Yahya

      Yayasan LPDA menghadirkan RadioQU Albahjah bernuansa qur'ani dari dan untuk masyarakat sebagai media dakwah sekaligus sebagai sarana pengembangannya.

      Lembaga pengembangan dakwah Albahjah didirikan oleh seorang tokoh islam, ulama ahlussunnah wal jama'ah, beraqidah asy'ariyah, berjubah adab sufiyah serta mengambil hukum syara' dari 4 madzhab, masyarakat menyebut dengan panggilan akrabnya Buya Yahya.

      Buya berarti ayahanda yang maknanya adalah pengayom. Buya Yahya menaungi berbagai lini dakwah menyampaikan risalah Nabi berupa perahu syariat, berlayar dengan angin tasawuf di tengah masyarakat yang sedang terombang-ambing bahkan tenggelam entah kenapa.


      Buya Yahya berdakwah dengan Media majelis Al-Bahjah dan mengkader ulama dengan pondok pesantren  di berbagai tempat di Indonesia, sehingga dakwahnya terus meyebar-luas.

      Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah (Yayasan LPDA) banyak dijadikan sebagai bahan materi dakwah islam atau makalah dakwah, seperti “metode dakwah Buya Yahya” misalnya.

      Luasnya cangkupan dakwah Buya Yahya adalah berkah dari takzimnya beliau kepada alim ulama dan habaib, khususnya yang menjadi guru beliau.

      Berkahnya semakin terasa dengan derasnya aliran dakwah Buya Yahya yang terkonsep dengan indahnya metode dakwah islamiyah di mancanegara.

      Indahnya dakwah Buya Yahya terlihat dari kumpulan jama’ah, santri, tim dakwah dan pejuang lainnya yang antusias sebagai sukarelawan, dibantu oleh para dermawan.

      Karena perlu di ketahui, Buya Yahya berdakwah dengan majelis dan multimedia itu tanpa bersumber dari pemberian dana pemerintah, melainkan dakwah Buya Yahya dari dan untuk masyarakat.

      Baik, kira-kira bagaimana Buya Yahya berdakwah dan membina kader-kader penerus dakwah Rasulullah Muhammad SAW. di akhir zaman yang modern dan serba instan ini...

      Kali ini penulis sebagai santri Al-Bahjah sekaligus tim dakwah media Albahjah, melengkapi tugasnya disamping penyiar RadioQU,  akan mengajak anda menelusuri Al-bahjah di dunia dakwah.

      Atau dakwah di dunia Al-Bahjah..? 

      Jika anda tidak bisa menghadiri majelis solawat atau majelis dzikir & tausiyah Albahjah. Anda tetap bisa menghadiri bahkan mensyiarkannya lewat media dakwah albahjah; dari Albahjah TV, RadioQU, dan Media sosial lainnya.

      Albahjah juga mengkader para dai penerus dakwahnya Rasulullah SAW. dengan sekolah umum/formal maupun non-formal berbasis pesantren, baik reguler ataupun khoriji/kalong/pesantren kilat (pulang-pergi)

      Dan biaya pondok pesantren albahjah dari konsumsi sehari-hari, dan biaya bulanan lainnya adalah gratis, artinya sudah di jamin oleh para dermawan/donatur Albahjah.

      Albahjah juga berdakwah di berbagai bidang ekonomi syariah, seperti;

      Albahjah Tour Travel, BMT Koperasi simpan pinjam dan pembayaran syariah, AB Mart, AB Chicken, Infaq barang bekas, ZIS zakat dan infaq center, BeePay dll.

      Hingga kini tenaga dan performa media TIK (teknologi, informasi, komunikasi) masih dan semakin berkembang khususnya dalam jurnalistik literal.

      Bukan hanya untuk keperluan media dakwah sehingga meluas, namun juga membantu pengkaderan calon ulama, yakni para santri berprestasi pilihan, dengan program istimewa; orang tua asuh.

      Program Dakwah Albahjah 


      Buya Yahya bersama para sesepuh dari dermawan dan relawan berjuang untuk membangun sistem dakwah dan mengembangkannya. Secara global, berikut adalah program-program Albahjah:

      • Multimedia tim dakwah Al-Bahjah Buya Yahya

        • Albahjah TV.
      Media dakwah yang mempermudah video streaming majelis Albahjah. Anda bisa menonton tayangan tausiyah atau acara-acara majelis Albahjah di youtube Albahjah TV atau situs web streaming Albahjah TV.
        • RadioQU Albahjah.
      Media dakwah dari frekuensi audio serta audio streaming majelis Albahjah. Dapatkan hiburan informatif komunikatif dan hikmah inspiratif di RadioQU Albahjah setempat.  Sekarang sudah semakin banyak sarana alternatif untuk mendengar radio seperti situs resmi internet streaming RadioQU Network dan situs online RadioQU Pontianak
        • Kata Mutiara Hikmah Albahjah.
      Media dakwah melalui tulisan hikmah mutiara dan info majelis Buya Yahya / ustadz Albahjah. Literatur dakwah dengan kata mutiara hikmah Buya Yahya, Ustadz Sayf Abu Hanifah, dan ustadz Albahjah lainnya sebagai bahan introspeksi dan refleksi diri.
      • Kader dakwah pesantren Al-Bahjah Buya Yahya
        • Pondok pesantren Albahjah
          • Pesantren reguler/tafaqquh Albahjah
      Pesantren tafaqquh Albahjah melahirkan santri dewasa yang matang ilmu dan amalnya dari generasi dai berdasarkan pendidikan salafi / non-formal.
          • Pesantren tahfidz Albahjah 
      Pesantren tahfidz Albahjah memunculkan santri tahfidz penghafal Al-Qur'an yang mengamalkan ilmunya, ada yang formal juga non-formal.
          • Pesantren khoriji, TPQ, DTA Albahjah
      Pesantren khoriji Albahjah adalah wadah siswa/siswi, mahasiswa/mahasiswi atau pekerja yang ingin mengenal ilmu agama hingga memperdalam beserta pengamalannya.
          • Pesantren kilat ramadan
      Pesantren kilat ramadan diselenggarakan Albahjah untuk masyarakat, pelajar SD, SMP, SMA / sederajat, untuk tempat liburan yang lebih bermanfaat.
          • Pesantren multimedia Albahjah
      Pesantren multimedia Albahjah merangkul pelajar sekolah formal yang ingin mengembangkan bakatnya di dunia dakwah sekaligus berjuang untuk umat.

      • Albahjah islamic boarding school

      Pendidikan formal/sekolah umum berlandaskan qur'ani.
        • SDIQU islamic boarding school Albahjah,
      Pendidikan sekolah dasar/setingkat SD
        • SMPIQU islamic boarding school Albahjah,
      Pendidikan sekolah tingkat/usia SMP
        • SMAIQU islamic boarding school Albahjah,
      Pendidikan sekolah tingkat/usia SMA

      • Profesional & Wirausaha LPD Albahjah Buya Yahya

        • Albahjah Tour & Travel
      Agen dan biro perjalanan Resmi Al Bahjah Tour & Travel, Terpercaya, Profesional dan Amanah. Menyediakan pelayanan yang berorientasi tinggi pada kenyamanan dan keamanan.

        • KSPPS BMT Albahjah
      Koperasi simpan pinjam & pembayaran syariah Albahjah. Memberikan fasilitas pembiayaan modal kerja dan Tabungan dengan akad sesuai Syariah
          • TabunganQU
          • SekolahQU
          • QurbanQU+Aqiqah
          • UmrohQU
        • Ekonomi Syariah; AB MART, AB CHICKEN dll.
      Pilihan cermat, penuh barakah; di Albahjah Mart. Menjual produk-produk islami dari gamis, jubah, peci, sarung, kitab-kitab dll. dilengkapi AB Chicken, tanpa produk Yahudi.
        • Albahjah IBABE
      Infaq barang bekas di Albahjah. Menerima amal jariyah berupa barang bekas yang siap di jemput oleh tim IBABE Albahjah. Punya barang bekas? jadikan bermanfaat dengan amal jariyah!
        • Albahjah Bee Payment
      Melayani pembayaran PLN, Speedy, pulsa all operator, kartu Halo, tiket pesawat, tiket kereta api dll. Juga melayani keagenan AB Pay / Bee Payment Albahjah.
      Apa lagi..











      (spesial dari
      )
      Berbagi Kebaikan

      Post sebelumnya
      Post selanjutnya
      Unknown

      Penulis : Unknown
      [ Tim dakwah Al bahjah - Ghost Writer - SEO Blogger ]
      "INFJ PERSONALITY, who longs for philanthropic desires from maestro rahmat al alamin Rasulullah Muhammad SAW."

      Post Terkait

      0 komentar: